Cara menggunakan Inkubator Laboratorium

oleh | Agu 4, 2022 | Laboratorium

Hallo gays bertemu lagi dengan saya di Blog Laboratorium, dan di artikel kali ini mimin akan memberikan tutorial seputar laboratorium yang mungkin dapat memberikan solusi bagi teman-teman, lalu apa yang akan kita bahas di artikel ini? Nah disini kita akan membahas mengenai tata cara menggunakan inkubator laboratorium dari mulai cara menghidupkan inkubator, cara penggunaan inkubator, cara mematikan inkubator dan juga bagaimana cara untuk perawatannya, dan semuanya itu kita akan kupa bersama-sama dalam pembahasan artikel berikut ini.

Inkubator Laboratorium

Di pembahasan sebelumnya kita pernah membahas tentang pengertian inkubator jadi inkubator atau dalam bahasa inggrisnya itu disebut Incubator yaitu merupakan peralatan laboratorium yang biasanya digunakan untuk memerami telur, mikrob dan menghangatkan bayi yang lahir prematur. Dan untuk alat ini tersebut juga memilki banyak seri atau jenisnya yaitu memilki berbagai macam-macam inkubator dan itu sesuai dengan fungsi dan kegunaannya masing-masing.

Nah itulah penjelasan singkatnya mengenai peralatan laboratroium yaitu Inkubator Laboratorium, dan setelah anda membaca dan memahami alat tersebut selanjutnya silahkan anda baca berikut ini tentang bagaimana cara penggunaan inkubator ini yang bisa anda lihat langkah-langkahnya berikut.

Cara Penggunaan Inkubator Laboratorium

Berikut ini adalah langkah-langkah atau cara menggunakan inkubator laboratorium diantaranya adalah sebagai berikut:

Cara menghidupkan Inkubator

Berikut ini adalah tentang bagaimana cara menghidupkan inkubator diantaranya sebagai berikut:

  1. Untuk mengoperasikan incubator langkah yang pertama yang harus dilakukan yaitu, silahkan anda colokkan kabel inkubator tersebut pada sumber daya listrik di sekitar anda.
  2. Selanjutnya, silahkan anda siapkan sebuah sampel yang akan diinkubasi dan kemudian silahkan anda letakkan pada rak dalam ruang inkubator kemudian tutup pintu incubator.
  3. Dan yang terakhir, Jika pada persiapan sebuah sampel telah selesai, selanjutnya silahkan anda tekan tombol POWER alat tersebut pada posisi ON, maka alat inkubator ini otomatis akan langsung menyala yang ditandai dengan display menyala.

Nah itulah tentang bagaimana cara untuk menghidupkan inkbutaornya.

Cara penggunaan Inkubator

Berikut ini adalah langkah-langkah ketika menggunakan inkubator diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk llangkah penggunaan alatnya yang pertama silahkan anda siapkan suatu sampel yang akan dilakukan untuk diinkubasi, dan kemudian silahkan anda letakkan pada rak dalam ruang incubator lalu tutup pintu inkubator.
  2. Selanjutnya, silahkan anda set TIMER dengan memutar sebuah tombol TIMER dengan waktu yang diinginkan, di set awal per 10 jam, jadi jika ingin menginkubasi selama 24 jam putar tombol pada posisi 2 lebih 4 strip
  3. Dan yang terakhir untuk penggunaannya silahkan anda lakukan set suhu, dengan tekan tanda < lalu kemudian digit hijau akan berkedip. Naikkan atau turunkan dengan menekan ^/v kemudian tekan MD (enter). Catatan: SV : digit hijau suhu yang diinginkan PV: digit merah, suhu yang ada sekarang.

Nah itulah langkah-langkah untuk penggunaan alat inkubator tersebut.

Cara mematikan Inkubator

Dan selanjutnya, berikut ini adalah tentang bagaimana cara mematikan alat inkubator diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama harus anda lakukan untuk mematikan inkubator bila inkubasi tersebut telah selesai anda lakukan, silahkan anda matikan alat tersebut yaitu dengan menekan kembali tombol POWER pada posisi OFF.
  2. Dan yang terakhir silahkan anda lepaskan sebuah colokan yang terhubung ke sumber daya di sumber daya listrik sekirar anda yang terhubung dengan inkubatornya.

Nah itulah langkah untuk mematikan inkubatirnya.

Lalu selanjutnya, jika anda sudah mengetahui bagaimaca cara pengoprasian alat inkubator dari mulai cara menghidupkan sampai mematikan alatnya selanjutnya anda harus mengetahui juga tentang bagaimana cara untuk merawat alatnya, untuk itu silahkan anda baca tentang cara perawatannya berikut.

Cara merawat Inkubator

Berikut ini adalah langkah demi langkah yang harus dilakukan ketika melakukan perawatan terhadap alat inkubator lab diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Yang pertama yang harus anda lakukan untuk perawatan alatnya silahkan anda bersihkan alat hanya dengan lap bersih atau lap yang dibasahi air kemudian lap dengan kain kering setiap selesai digunakan.
  2. Dan yang terakhir untuk Rak dapat dilepas untuk memudahkan membersihkan dengan cara ditarik.

Nah itulah singkat tentang cara perawatan inkubatornya.

Mungkin itu saja yang dapat admin sampaikan dalam pembahasan artikel ini tentang bagaimana cara menggunakan inkubator laboratorium semoga artikel ini dapat memberikan ilmu yang bermanfaat khususnya bagia pembaca yang sedang belajar laboratroium. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×