Cara menggunakan Centrifuge laboratorium

oleh | Agu 3, 2022 | Laboratorium

Bagi teman-teman yang mungkin sedang belajar tentang alat laboratorium mungkin artikel ini dapat membantu anda tentang bagaimana cara menggunakan centrifuge laboratorium yang benar. Untuk penggunaan centrifuge ini yang akan admin sampaikan yaitu ada tiga langkah yang harus dilakukan untuk menggunakanya.

Maka dari itu silahkan anda ikuti dibawah ini langkah-langkah untuk cara menggunakan centrifuge diantaranya sebagai berikut.

Centrifuge

Centrifuge
Gambar 1: Centrifuge

Centrifuge merupakan sebuah instrument laboratorium yaitu untuk memisahkan larutan/komponen zat dengan proses pengendapan, sampai dibagi menjadi dua fase, yaitu supernatan dan pelet. Lihat selengkapnya.

Untuk alat ini tentunya terdapat banyak sekali macam-macam atau jenis alatnya dan itu tergantung dengan kebutuhan anda di laboratoriumnya, jika anda ingin melihat apa saja macam macam alatnya silahkan lihat selengkapnya.

Cara menggunakan Centrifuge

Cara menggunakan Centrifuge
Gambar 2: Prosedur penggunaan centrifuge

Berikut ini adalah langkah-langkah penggunaan centrifuge diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Untuk melakukan pemisahan larutan menggunakan Centrifuge yang pertama silahkan tempatkan tabung reaksi di dudukan centrifuge.
  2. Selanjutnya, silahkan anda lakukan dengan menyeimbangkan tabung reaksi lain dengan larutan yang berbeda yang sudah di taruh pada ruang test tube yang berlawanan.
  3. Yang terakhir dilakukan silahkan anda tutup kaca centrifuge dan putar tombol serta atur waktu serta kecepatan centrifuge . Sentrifugasi membutuhkan waktu satu menit atau lebih. Perhatikan bahwa Anda harus mematikan centrifuge dengan saklar dan menunggu untuk itu untuk berhenti berputar, untuk secara efektif memisahkan endapan dan solusi.

Nah itulah pembahasan mengenai bagaimana prosedur penggunaan centrifuge yang benar, dari artikel yang dijelaskan diatas jika ada yang kurang paham anda boleh mengirimkan komentar dibawah ini. Terimakasih sudah membaca artikel ini.

Referensi artikel dari : https://envilife.co.id/cara-menggunakan-centrifuge-laboratorium/

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×