Cara Kalibrasi Flow Meter Anda dengan Benar

oleh | Feb 3, 2023 | Kalibrasi

Flow meter merupakan salah satu peralatan yang sering digunakan dalam berbagai bidang industri seperti energi, kimia, petrokimia, dan lain sebagainya. Peralatan ini sangat berguna untuk mengukur volume aliran fluida yang melalui pipa.

Untuk mengukur volume aliran yang tepat, Anda perlu mengkalibrasi peralatan tersebut. Bagaimana caranya? Berikut adalah langkah-langkah yang harus Anda lakukan.

Pentingnya Mengkalibrasi Flow Meter

Setiap jenis aliran fluida memiliki jumlah aliran fluida yang berbeda, sehingga jenis meter alirannya pun berbeda. Untuk itu, perlu adanya kalibrasi terlebih dahulu untuk mengetahui jumlah air yang melewati pipa. Tujuan utama dari kalibrasi adalah untuk memastikan bahwa peralatan dapat diandalkan untuk memberikan hasil yang tepat.

Kalibrasi dapat menghindari kesalahan, memberikan hasil yang akurat dengan menyesuaikan skala, dan mengatur sensitivitas flow meter untuk mengukur jumlah aliran yang akurat, sehingga hasilnya dapat dipercaya.

Langkah-langkah untuk Mengkalibrasi Flow Meter Anda

Prosedur kalibrasi flow meter akan bervariasi tergantung pada jenis flow meter yang digunakan. Namun, secara umum alur kalibrasi akan bisa dibagi ke dalam beberapa tahap berikut:

  1. Pertama-tama, pasang flow meter di sistem alirannya. Jika Anda memasang sensor turbin di jalur aliran, pastikan untuk mengatur jumlah putaran yang tepat. Setelah itu, lakukan instalasi dan pasang semua komponen dan wiringnya.
  2. Kedua, lakukan perawatan reguler dengan memeriksa apakah terdapat masalah seperti korosi, kotoran, dan lain-lain. Dengan melakukan hal ini, Anda dapat memastikan bahwa flow meter berfungsi dengan baik.
  3. Ketiga, cek software yang digunakan. Periksa apakah semua program komputer dan data diperbarui dengan benar, agar tidak ada kesalahan dalam proses electronic.
  4. Keempat, siapkan pembanding asli dan spesifik flow meter yang akan digunakan pada sistem flow meter. Catat jumlah aliran setiap kali medan alirannya berubah.\
  5. Kelima, lakukan calibrasi dengan menggunakan flow meter standar. Lakukan pengukuran jumlah aliran dengan berbagai kondisi flow meter. Mulai dari kecepatan alirannya, suhu, tekanan, dan lain-lain. Setelah itu, Anda dapat melakukan penyesuaian setingan flow meter tersebut sesuai dengan jumlah aliran yang sebenarnya.

Mengapa Harus Diukur Secara Teratur?

Flow meter harus diukur secara teratur untuk memastikan hasil ukuran yang sempurna. Hal ini dikarenakan banyak faktor yang bisa saja mempengaruhi data yang dihasilkan oleh peralatan ini. Beberapa contoh faktor yang harus diperhatikan secara rutin adalah kualitas fluida, tekanan dalam sistem, dan suhu.

Kadang-kadang faktor-faktor ini juga akan berpengaruh terhadap ketidakseimbangan antara data awal dengan data akhir. Oleh karena itu, alangkah pentingnya melakukan pengukuran secara reguler agar data yang dihasilkan oleh flow meter tetap akurat.

Selain itu, jika flow meter diperiksa secara teratur, maka jumlah kegagalan pada sistem aliran akan berkurang signifikan. Pengecekan ini juga berguna untuk memastikan bahwa Anda tidak menjalankan sistem dengan aliran yang tidak diinginkan.

Kapan Harus Dikalibrasi?

Semua flow meter harus dikalibrasi secara teratur. Jangka waktu yang direkomendasikan untuk mengkalibrasi flow meter akan bervariasi tergantung jenis produknya. Namun, umumnya proses kalibrasi ini harus dilakukan setidaknya setiap enam bulan atau setiap kali perubahan besar dideteksi dalam sistem alirannya.

Kalibrasi juga harus dilakukan setiap kali Anda mengubah konfigurasi sistem atau mengganti flow meter. Hal ini perlu dilakukan agar Anda dapat memastikan bahwa flow meter berfungsi dengan benar di lingkungan kerja aktual.

Nah itulah pembahasan yang dapat admin sampaikan kepada anda tentang bagaimana caranya melakukan kalibrasi terhadap alat flow meter, dan untuk melakukan kalibrasi alat agar dapat dilakukan dengan baik dan benar alangkah baiknya anda harus menggunakan sebuah jasa kalibrasi yang memesang sudah ahli dalam bidangnya, dan disini admin akan merekomendasikan perusahaan yang menyediakan jasa kalibrasi flow meter yaitu PT Envilife Teknologi Indonesia, untuk informasi lengkapnya silahkan kunjungi websitenya langsung disini.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *