Bagian Bagian Lemari Asam Atau Fume Hood

oleh | Des 24, 2022 | Laboratorium

Apakah anda sering mendengar salah satu alat berikut ini yaitu yang bernama Fume Hood atau biasa disebut lemari asam, nah maka dari itu disini Blog Lab akan menjelaskan kepada anda mengenai bagian-bagian fume hood, untuk itu berikut ini adalah penjelasannya.

Apa itu Fume Hood?

Fume hood adalah alat yang digunakan untuk mengeliminasi bahan berbahaya yang dihasilkan dari proses kimia atau biologi di laboratorium. Fume hood terdiri dari lemari yang dilengkapi dengan sistem exhaust yang bertugas mengeluarkan gas yang terhirup ke udara luar lemari. Fume hood juga dilengkapi dengan dinding atas dan depan yang terbuat dari bahan seperti kaca atau plastik transparan yang bertugas untuk melindungi pengguna dari bahaya yang mungkin terjadi saat menggunakan fume hood.

Fume hood biasanya digunakan di laboratorium kimia, biologi, dan farmasi untuk mengeliminasi bahan-bahan berbahaya seperti asam, basa, zat kimia beracun, dan bahan-bahan lain yang mungkin terhirup oleh pengguna saat menjalankan proses di laboratorium. Fume hood juga digunakan untuk menjaga agar lingkungan di sekitar laboratorium tetap aman dan sehat bagi pengguna dan orang lain yang berada di sekitar laboratorium. Lihat juga berikut ini “Cara menggunakan fume hood“.

Bagian-bagian Fume Hood

Alat atau instrumen laboratorium, seperti lemari asam, memiliki beberapa bagian penting yang membantu proses kerjanya. Meskipun banyak orang lebih mengenalnya dengan sebutan chemical fume hood, mari kita bahas bagian-bagian yang ada di dalamnya. Berikut ini adalah penjelasannya:

1. Bagian Hood Body

Bagian Hood Body
Gambar Hood Body

Pertama, ada bagian body hood yang merupakan bagian paling utama dan terlihat pada alat fume hood. Bagian ini merupakan ruangan yang dapat menampung gas atau uap berbahaya dari bahan kimia.

2. Bagian Buffles

Bagian Buffles
Gambar Buffles

Setelah itu ada bagian buffles yang terletak di atas body hood. Buffles biasanya memiliki beberapa lubang di sepanjang belakang body hood. Buffles juga memiliki fungsi sebagai penyekat untuk mengontrol aliran udara sehingga dapat meningkatkan efisiensinya.

3. Bagian Sash

Bagian Sash
Gambar Sash

Sash merupakan pintu kaca yang dapat disesuaikan untuk membuka atau menutup fume hood. Sash biasanya terbuat dari bahan kaca transparan yang dapat melindungi bagian dalam fume hood. Ada tiga jenis sash yang digunakan pada beberapa fume hood, yaitu:

Jenis Vertical Sash

Vertical Sash
Gambar Vertical Sash

Pada sash vertikal, pintu dapat dibuka dan ditutup secara vertikal dengan menggeser ke atas atau ke bawah. Ini merupakan jenis sash yang paling umum digunakan di dalam fume hood. Ketika menggunakan sash vertikal, buka sash sesuai dengan ketinggian kerja yang ditentukan. Tutup kembali sash vertikal ketika tidak digunakan untuk meningkatkan tingkat keamanan dan efisiensi. Menutup sash vertikal akan meningkatkan kualitas udara di laboratorium serta mengurangi penggunaan energi.

Jenis Horizontal Sash

Horizontal Sash
Gambar Horizontal Sash

Fume hood yang memiliki sash horizontal dapat dibuka dengan cara menggeser ke samping dan terdiri dari beberapa panel jendela. Biasanya terdapat dua sash horizontal pada satu alat yang dapat dibuka secara bersamaan. Sash horizontal memberikan fleksibilitas kepada Anda untuk bekerja di area fume hood. Tutup kembali sash horizontal ketika tidak digunakan untuk meningkatkan tingkat keamanan dan kualitas udara di laboratorium.

Jenis Combination sash

Combination sash
Gambar Combination sash

Hanya beberapa fume hood khusus yang memiliki sash kombinasi. Sash kombinasi terdiri dari sash vertikal dan sash horizontal dalam satu alat, sehingga cara membukanya dapat disesuaikan dengan kebutuhan Anda.

4. Bagian Air Foil

Air Foil
Gambar Air Foil

Bagian air foil terletak di sepanjang tepi bawah dan samping fume hood yang dapat mengalirkan aliran udara ke kap mesin. Ini mencegah terjadinya pusaran turbulen yang dapat membawa uap keluar dari kap mesin. Dibagian bawah air foil terdapat sumber udara untuk pembuangan pada kap mesin ketika sash tertutup sepenuhnya. Selain itu, air foil juga berfungsi sebagai penahan bagi body hood.

5. Bagian Work Surface

Work Surface
Gambar Work Surface

Work surface adalah area kerja yang digunakan saat Anda mengambil bahan kimia. Keberadaan work surface sangat berguna sehingga Anda tidak perlu mengeluarkan bahan kimia dari ruangan fume hood.

6. Bagian Exhaust plenum

Exhaust plenum
Bagian Exhaust plenum

Bagian exhaust plenum terletak di atas fume hood dan membantu mendistribusikan aliran udara secara merata di seluruh permukaan kap.

Nah itulah beberapa bagian-bagian fume hood yang dapat blog lab sampaikan, semoga artikel ini dapat membantu anda dan juga bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×