Apa itu ONLIMO?

Dari sebagian orang mungkin ada yang baru mendengar tentang ONLIMO dan ada juga yang sudah sering mendengar kata ONLIMO tapi dari kedua orang tersebut masih belum mengetahui lebih lengkapnya mengenai apa itu ONLIMO, nah maka dari itu tujuan saya menulis artikel ini saya akan menjelaskan atau memberikan informasi kepada anda yang belum mengetahui apa itu ONLIMO. Untuk pembahasannya disini saya akan menjelaskan secara lengkap dibawah ini.

Onlimo (Online Monitoring)
Onlimo (Online Monitoring)

Pengertian ONLIMO

ONLIMO merupakan sebuah singkatan dari Online Monitoring yaitu sebuah sitem yang ditentukan oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia (KLHK) yang bertujuan untuk dapat memantau kualitas air secara online dan realtime menggunakan unit sensor yang terintegrasi langsung dengan server KLHK langsung yang dapat diakses dan silihat secara publik melalui website informasi ONLIMO yang bisa di akses di URL berikut https://ppkl.menlhk.go.id/onlimo-2022/.

Parameter yang diukur

Lalu apa saja parameter yang dapat diukur oleh sistem ONLIMO tersebut? Nah untuk mengetahuinya berikut ini adalah beberapa parameter-parameter yang di ukur, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. pH, ORP, Konduktivitas, Oksigen Terlarut, Kekeruhan, Nitrat, Amonium, Klorida, Kalium, Klorofil A, Alga Biru-Hijau, Minyak dalam Air, CDOM / fDOM, Rhodamin WT, PAR, Kedalaman
  2. Total Padatan Tersuspensi, Warna, NO3-N, NO2-N, SAC254, COD, TOC, BOD, DOC, CODMN, PO4-P, BTEX, Sulfida, Ozon
  3. Polutan Organik
  4. Disinfection Water Quality
  5. Kualitas Air Nutrisi
  6. Algae, Tracer Dye Water Quality
  7. Level Water Quality
  8. SMR Online Gas Analyzers

Itulah beberapa parameter yang diukur sistem ONLIMO pada kualitas air sungai. Dan itu dapat disesuaikan tergantung dari kebutuhan sistem ONLIMOnya.

Komponen sistem ONLIMO

Lalu apa saja sih komponen-komponen sistem ONLIMO tersebut? Berikut adalah beberapa macam-macam komponen untuk sistem ONLIMO, diantaranya adalah sebagai berikut:

  1. Data Logger And Telemetry
  2. SIMLINK
  3. Multiparameter SENSORS
  4. Sistem Panel Surya (RTU)
  5. Sistem Pengambilan Sampling
  6. Pusat Data / Command Center
  7. CCTV Surveillence
  8. Papan Tayang (public data display)
  9. Bangunan Pelindung
  10. Komponen lainnya
    • Power DC
    • KwH DC
    • Daya DC
    • Suhu bangunan
    • Kelembaban bangunan
    • Status sensor

Cara instalasi ONLIMO

Lalu bagaimana cara melakukan instalasi sistem ONLIMO? Nah pada poin pembahasan ini untuk instalasi sistem ONLIMO diharuskan dilakukan oleh orang yang sudah ahli dan sudah profesional di bidangnya untuk itu diperlukannya sebuah jasa instalasi sistem ONLIMO yang sudah biasa dan profesional dalam melakukan instalasi sistem tersebut, dan disini saya akan merekomendasikan kepada anda yang mungkin ingin memasang sistem ONLIMO di dinas lingkungan hidup anda disini nama perusahaan yang menyediakan jasa instalasinya yaitu yang bernama PT. ENVILIFE TEKNOLOGI INDONESIA.

Jika anda tertarik dan ingin meminta jasa ONLIMO tersebut silahkan anda bisa melihat informasi lengkapnya mengenai jasa instalasi ONLIMO silahkan klik disini.

Nah itulah yang dapat saya sampaikan kepada anda, sudah paham kan apa itu ONLIMO? Mudah-mudahan dengan adanya artikel yang saya tulis diatas dapat memeberikan informasi yang informatif bagi pembaca di blog laboratorium ini. Semoga bermanfaat :-).

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *