Apa Itu Internal Kalibrasi

oleh | Nov 7, 2022 | Kalibrasi

Hallo sahabat bloglab, pada pertemuan kali ini disini saya akan menjelaskan kepada anda mengenai apa itu internal kalibrasi dan apa saja aspek-aspek yang harus disiapkan ketika anda ingin melakukan kalibrasi alat secara mandiri, maka dari itu silahkan baca penjelasannya berikut.

Pengertian Internal Kalibrasi

Kalibrasi mandiri atau mungkin yang anda maksud adalah internal kalibrasi adalah kegiatan kalibrasi yang dilakukan secara internal oleh perusahaan tanpa menggunakan jasa kalibrasi alat ukur dari luar.

Bagi perusahaan-perusahaan besar yang mempunyai instrumen atau peralatan ukur yang sangat banyak, kalibrasi yang dilakukan secara mandiri bisa menekan cost yang lumayan besar. Bahkan ada beberapa perusahaan yang berbasis manufacturing rela menerapkan standar sistem manajemen laboratorium ISO 17025 untuk mengakreditasi laboratoriumnya sehingga tentu saja proses pengujian dan kalibrasi dari laboratorium mereka lebih valid karena seperti kita ketahui jika suatu perusahaan menerapkan suatu sistem laboratorium ISO 17025 mereka akan diaudit baik dari persyaratan teknis serta persayaratan dokumen.

Persiapan Internal Kalibrasi

Bagi teman teman yang ingin menerapkan kalibrasi mandiri atau internal kalibrasi di perusahaan maka sangatlah perlu memikirkan berbagai aspek antara lain:

  1. Lingkungan yang memadai, suatu laboratorium kalibrasi hendaknya didesain sedemikian rupa sehingga faktor faktor lingkungan dapat dibuat seminimal mungkin dalam memberikan konstribusi pada besarnya ketidakpastian hasil pengukuran.
  2. Beberapa alat ukur, contohnya : peralatan ukur dimensi dan perlatan ukur volume, perubahan temperatur dapat memberikan dampak terhadap besarnya ketidakpastian.
  3. Jika kondisi lingkungan sudah terpenuhi, maka tahap selanjutnya mungkin adalah pengadaan standar alat ukur. Pemilihan standar kalibrasi tentu akan berperan dalam keberhasilan kalibrasi mandiri. Pemilihan tersebut mungkin dari segi tingkat akurasi, resolusi,, dan tentunya dari segi harga. Silakan konsultasikan kepada kami untuk pengadaan standar kalibrasi atau alat ukur yang ada butuhkan karena kami.
  4. Tahap terakhir yang perlu dilakukan adalah meningkatkan kopentensi dari karyawan anda. Kompetensi tersebut dapat ditingkatkan dengan mengikuti program pelatihan kalibrasi untuk lingkup parameter bersangkutan. Misalnya : Kita menginginkan kalibrasi mandiri untuk alat ukur volume, maka tentunya karyawan bersangkutan harus mendapatkan pelatihan kalibrasi alat ukur volume.

Kesimpulan

Dengan memikirkan berbagai macam aspek tersebut diatas, maka kegiatan kalibrasi mandiri atau internal kalibrasi bisa berjalan seperti yang kita harapkan. Jika ternyata sampai saat ini kegiatan kalibrasi perusahaan teman-trman masih menggunakan pihak luar. Terimakasih.

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×