Cara Mudah Membuat Postingan di WordPress

oleh | Mar 9, 2024 | WordPress

WordPress adalah platform blogging populer yang memungkinkan Anda membuat dan mengelola situs web dengan mudah. Bagi pemula, membuat postingan baru di WordPress mungkin terasa membingungkan. Artikel ini akan memandu Anda langkah demi langkah untuk mulai membuat postingan di WordPress.

Langkah 1: Masuk ke Dashboard WordPress

Pertama, Anda perlu masuk ke dashboard WordPress Anda. Alamat dashboard biasanya adalah www.namasitusanda.com/wp-admin. Gunakan nama pengguna dan kata sandi yang Anda buat saat instalasi WordPress.

Langkah 2: Pilih Menu “Postingan”

Di dashboard WordPress, pilih menu Postingan di sidebar kiri. Kemudian, klik Tambahkan Baru.

Langkah 3: Menulis Judul dan Konten Postingan

  • Judul: Di kolom Judul, masukkan judul yang menarik dan informatif untuk postingan Anda.
  • Konten: Di bagian Konten, Anda dapat mulai menulis isi postingan Anda. WordPress menggunakan editor blok yang memungkinkan Anda menambahkan berbagai elemen seperti teks, gambar, video, dan daftar dengan mudah.

Langkah 4: Menambahkan Gambar dan Media

  • Untuk menambahkan gambar, klik ikon + di blok teks dan pilih Gambar. Anda dapat mengunggah gambar dari komputer Anda atau memilih gambar dari pustaka media WordPress.
  • Untuk menambahkan video, klik ikon + di blok teks dan pilih Video. Anda dapat menyematkan video dari YouTube, Vimeo, atau platform video lainnya.

Langkah 5: Memformat Teks

Anda dapat memformat teks Anda dengan menggunakan toolbar di atas editor blok. Toolbar ini memungkinkan Anda untuk mengubah font, ukuran font, warna teks, dan gaya teks lainnya. Baca juga “Perbedaan Halaman (Page) dan Postingan (Post) di WordPress“.

Langkah 6: Menambahkan Kategori dan Tag

  • Kategori: Kategori membantu Anda mengelompokkan postingan Anda berdasarkan topik. Pilih kategori yang sesuai untuk postingan Anda dari daftar dropdown Kategori.
  • Tag: Tag adalah kata kunci yang membantu orang menemukan postingan Anda. Masukkan tag yang relevan dengan postingan Anda di kolom Tag.

Langkah 7: Pratinjau dan Publikasikan Postingan

  • Pratinjau: Sebelum Anda mempublikasikan postingan Anda, klik tombol Pratinjau untuk melihat tampilannya di website Anda.
  • Publikasi: Jika Anda sudah puas dengan postingan Anda, klik tombol Publikasikan untuk menerbitkannya.

Tips Membuat Postingan di WordPress

  • Gunakan judul yang menarik dan informatif untuk menarik perhatian pembaca.
  • Gunakan gambar dan media untuk membuat postingan Anda lebih menarik.
  • Format teks Anda dengan baik agar mudah dibaca.
  • Gunakan kategori dan tag untuk membantu orang menemukan postingan Anda.

Kesimpulan

Membuat postingan di WordPress mudah dan dapat dilakukan dalam beberapa langkah. Dengan mengikuti panduan di atas, Anda dapat mulai membuat blog yang menarik dan informatif.

Selain itu disini bagi anda yang sedang mencari jasa pembuatan website profesional berbasis WordPress silahkan hubungi kami sekarang juga untuk informasi lebih lanjut, dan silahkan konsultasikan kepada kami kebutuhan website anda.

Sumber artikel:

Dokumentasi Resmi WordPress : https://wordpress.org/support/article/writing-posts/

Bagikan ini ke:
<a href="https://bloglab.id/author/bloglab/" target="_self">Erwin Widianto</a>

Erwin Widianto

Content Creator

Saya adalah seorang Content Creator dan SEO Spesialist yang berasal dari Jawa Barat, Indonesia yang memulai karir di bidang Digital Marketing sejak tahun 2017 hingga sekarang.

0 Komentar

Kirim Komentar

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

×